Evaluasi Penerapan Knowledge Management Di Departement Sewing Menggunakan Pendekatan Model SECI: Studi Kasus PT Colorado Outdoor Gear Indonesia
Kata Kunci:
Knowledge Management, SECI Model, Kinerja karyawan, Industri ManufakturAbstrak
Penelitian ini mengevaluasi implementasi Knowledge Management di Departemen Sewing PT Colorado Outdoor Gear Indonesia dengan menggunakan pendekatan model SECI (Socialization, Externalization, Combination, Internalization). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap satu orang staf HRD, dua orang supervisor, dan sepuluh orang karyawan sewing, dilengkapi dengan observasi. Kinerja karyawan diukur berdasarkan kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, dan kerja sama tim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi efektif melalui berbagi pengalaman antar karyawan, mendukung kualitas dan kolaborasi tim. Namun, eksternalisasi masih lemah karena SOP tidak dimanfaatkan, sehingga menyebabkan inkonsistensi kualitas. Kombinasi terhambat oleh tidak adanya basis data digital, sehingga memperlambat akses informasi. Internalisasi meningkatkan kecepatan kerja, tetapi dibatasi oleh kurangnya pelatihan rutin dan kendala bahasa. Penelitian ini merekomendasikan sistem dokumentasi digital, SOP visual multibahasa, pelatihan rutin, dan pendampingan untuk memperkuat KM. Temuan-temuan ini berkontribusi pada pengembangan strategi KM di industri manufaktur dan masukan praktis untuk meningkatkan produktivitas karyawan.
Referensi
[1] A. Fajriyah, “Pengaruh Talent Management dan Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan,” vol. 02, no. 01, pp. 35–41, 2024, [Online]. Available: https://lenteranusa.id/
[2] K. Khaerana and B. Mangiwa, “Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT PLN (Persero),” J. Manaj. STIE Muhammadiyah Palopo, vol. 7, no. 2, p. 63, 2021,
doi: 10.35906/jurman.v7i2.919.
[3] L. Wulantika, “KNOWLEDGE MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KREASI DAN INOVASI PERUSAHAAN,” UNIKOM, vol. 10, no. 2, pp. 263–270, 2017.
[4] S. M. Aziz, “Tinjauan Literature tentang Knowledge Management: Definisi Konseptual, Dasar Teoritik dan Praktik Knowledge Management, serta Perkembangan Penelitiannya
dalam Bidang Ilmu Manajemen dan Pendidikan,” INTIZAM J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 2, pp. 1–34, 2020.
[5] S. N. F. Ahmad, “PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN DAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Karyawan PT Sеmеn Indonеsia Pеrsеro Tbk) ,” J. Adm. Bisnis, vol. 1, no. 2656–668, pp. 15–19, 2020.
[6] Sisillia Evelyn Tjusanto, “ANALISIS KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK BCA KCU DARMO SURABAYA,” vol. 4, no. 1, p. 6, 2021.
[7] A. Muhammad, Wahyu Ilhami; Wiyanda, Vera Nurfajriani; Arivan, Mahendra; Rusdy, Abdullah Sirodj; M Win, “Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif,” J.
Ilm. Wahana Pendidik., vol. 10, no. 9, pp. 167–186, 2024.
[8] Y. Sudargini, “Peran Manajemen Pengetahuan Untuk Meningkatkan Kinerja Pada Masa Pandemi Covid 19: Studi Kualitatif Pada Guru SMA di Kabupaten Pati,” J. Ind. Eng. Manag. Res., vol. 2, no. 5, pp. 1–12, 2021.
[9] H. J. Putri and S. Murhayati, “Metode Pengumpulan Data Kualitatif,” J. Pendidik. Tambusa, vol. 9, no. 01, pp. 1–6, 2022, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/27063/18482
[10] M. S. Jailani, “Membangun Kepercayaan Data Dalam Penelitian Kualitatif,” Prim. Educ. J., vol. 4, no. 2, pp. 21–23, 2020, [Online]. Available: http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/index
[11] N. Putra, Deny Kurnia; Malta, “Penerapan Model Seci Untuk Meningkat- Kan Kinerja Pustakawan Dalam Melayani,” Bul. Perpust. Univ. Islam Indones., vol. 4, no. 2, pp. 227–238, 2021.
[12] H. Charles, “SECI Model of Knowledge Creation: Socialization, Externalization, Combination, Internalization,” 2023.
[13] R. Nurcahyo and D. I. Sensuse, “Knowledge Management System Dengan Seci Model Sebagai Media Knowledge Sharing Pada Proses Pengembangan Perangkat Lunak,” J. Teknol. Terpadu, vol. 5, no. 2, pp. 63–76, 2019, [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/318372/knowledge-management-system-dengan-seci-model-sebagai-media-knowledge-sharing-pa
[14] L. Jerry Panjaitan, W;Feri, “Penerapan Tranformasi Digital dan Hambatannya Pada Industri Kuliner di Indonesia,” J. Ris. Manaj. Dan Ekon., vol. 1, no. 2, pp. 278–301, 2023.
[15] Nonaka Ikujiro, “Nonaka (2007) The Knowledge Creating Company,” Harv. Bus. Rev., vol. 69, no. 6, pp. 96–104, 2007.
[16] S. P. Manik and V. Juwono, “Strategi Transformasi Digital dalam Tata Kelola Pemerintahan: Studi pada Kementerian Keuangan,” Briliant J. Ris. dan Konseptual, vol. 9, no. 1, p. 1, 2024, doi: 10.28926/briliant.v9i1.1623.
[17] I. W. Ali, Gunawan; Mahaning, “PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA PT. XYZ DENGAN MODEL SECI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN,” J. Digit. Bus. Innov. Manag., vol. 2, no. 1, pp. 1–16, 2023, doi:10.4324/9780080495996.
[18] A. Wibowo, Paradigma Baru Dalam Manajemen Pengetahuan : 2019.
[19] R. R. Prasasongko and M. Kuswinarno, “Strategi Efektif dalam Pelatihan dan Pengembangan untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia,” J. Inov. Manajemen, Kewirausahaan, Bisnis dan Digit., vol. 1, no. 4, pp. 40–49, 2024.
[20] M. Feldman, H. Thomas, and L. Pru-, “Working Knowledge: How Organizations Manage What They Know,” Library (Lond)., pp. 396–397, 2001.
[21] N. Maysarah, V. R. Hasira, Z. Amanda, and B. Bara, “Pengaruh Pelatihan , Beban Kerja ,Dan Lingkungan kerja,” vol. 10, no. 1, pp. 187–191, 2025.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Aldian Umbu Tamu Ama, Desti Fitria, Deva Nita Mulya (Author)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








